BERANDAISLAMIC SCHOOL

Berdoa, Diantara Dua Sujud Sangat Ma’bul

  Oleh: H. Emil Rosmali 

Anda semua pasti salat. Tadi habis salat subuh, sekarang sudah menjelang zhuhur dan sebentar lagi juga azhar, magrib dan isa’. Ada banyak yang kita lupa dalam salat, misalnya bacaannya tidak khusu’, buru-buru sampai pada makna yang ada pada bacaan. Kita lupa apakah itu penyataan ataukah do’a.

Begitulah berulang-ulang, dalam setiap salat sejak dulu hingga sekarang. Padahal, jika kita tahu betapa dalam setiap sair dan bait dan huruf yang dibaca dalam salat adalah doa. Doa yang memohon segala sesuatu yang kita harapkan dan dambakan dari Allah baik untuk kehdupan dunia dan akhirat.

Ustadz Drs Lutfi Izzuddin yang memberikan kajian pada hari ahad di Masjid Al Furqon pertengahan September 2017, mengungkap dan mengulas makna doa dan betapa pentingnya salah satu doa yang ada dalam salat adalah doa duduk diantara dua sujud.

Salat adalah perintah Allah. Allah SWT tidak akan pernah menyuruh umatNya mengerjakan sesuatu yang tak memiliki makna, begitu juga dengan doa yang dibaca diantara dua sujud ketika seseorang sedang melaksanakan ibadah salat.

Doa dan Hidup

Bayangkan saja, salat sendiri memiliki amat banyak fungsi untuk kehidupan. Jika kita nilai sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT pastilah besar artinya.

Lutfi menerangkan, jika ada pertanyaan, tentang  doa apa yang paling sering dibaca oleh umat Islam,   adalah doa antara dua sujud. Jika kita hanya melakukan salat lima waktu, kita paling tidak sudah membaca doa tersebut sebanyak 17 kali setiap harinya. Itu hanyalah hitungan setiap harinya, dan jika kita kalikan seminggu saja maka kita paling tidak sudah membaca doa tersebut sebanyak 119 kali.

Ulangi sebulan, maka kita sudah membacanya sebanyak hampir 500 kali, tepatnya 476 kali. Bayangkan dengan doa-doa lain yang mungkin bahkan hanya kita panjatkan satu kali tiap harinya.

Lihat Juga :  Tim Pesantren Aulia Cendikia Jawara Futsal Pospekot 2019

 Dahsyatnya doa diantara dua sujud mungkin sering terlewatkan oleh banyak umat Islam di dunia ini karena mereka terlalu sering membacanya hingga tidak tahu bahwa yang dibaca adalah sebuah doa yang manfaatnya akan diberikan kepada orang yang membacanya.

Terlebih lagi dengan betapa seringnya doa ini dibacakan maka akan memberikan kemungkinan untuk dikabulkan jauh lebih besar dibandingkan doa-doa lainnya yang hanya dibaca hanya satu kali sehari. Adapula efek positif yang diberikan oleh doa ini, antara lain adalah sebagai berikut ini:

 *Doa Itu

 Rabbighfirlii, Ya Rabb ampunilah aku…. Sebagai manusia, kita selalu diliputi dengan khilaf dan salah, baik di mata manusia maupun di mata Allah, baik yang kita sadari maupun tidak. Untuk itu sebagai wujud ingin membersihkan diri dan juga bersih di mata Allah, kita selalu memohon untuk diampuni kesalahan-kesalahan kita, dan yakin Allah yang Maha Pengampun pasti mengampuninya, ini akan menjadi sebuah kekuatan dalam batin kita.

  1. Warhamni, Ya Rabb, kasihilah aku…. Setelah kita mohon ampun, kita meminta untuk senantiasa dikasihi Allah, disayangi, dirahmati, dan diridhai. Bagaimana rasanya jika kita senantiasa disayangi, tentunya sangat menentramkan. Dengan disayangi, tentunya kita akan selalu diberi lindungan, keselamatan, dan petunjuk sehingga hidup kita selamat dan bahagia.
  2. Wajburnii, Ya Rabb, perbaikilah diriku, perbaikilah kekurangan-kekuranganku…. Manusia bukanlah malaikat yang suci dari dosa, manusia penuh dengan kekurangan, pernah melakukan dan dekat dengan kesalahan-kesalahan, untuk itu kita memohon untuk diberikan perbaikan, dijagakan dari kesalahan-kesalahan, sehingga kita menjadi manusia yang baik di mata Allah dan insyaAllah akan baik pula di mata manusia.
  3. Warfa’nii, Ya Rabb, angkatlah derjatku…. Kita memohon untuk dijadikan manusia yang benar, manusia yang tinggi derajatnya di sisi Allah, manusia yang benar, manusia yang baik, dan tentunya juga menjadi manusia yang terhormat di mata manusia.
  4. Warzuqnii, Ya Rab, limpahkan pada hamba rizki…. Hidup tidak bisa dilepaskan dari rizki, atau dengan kata lain harta. Kita punya keluarga yang menjadi tanggung jawab kita untuk menghidupinya, untuk mensejahterakannya, untuk memberikan rasa aman dan tentram, serta untuk menjaga kehormatan, maka harta menjadi salah satu medianya. Maka dari itu kita mohon untuk diberikan kemurahan dan kecukupan rizki, dengan rizki yang halal dan berkah.
  5. Wahdinii, Ya Rabb, selalu berilah hamba petunjuk…. Petunjuk, cahaya, tuntunan dan hidayah Allah adalah kunci untuk keselamatan hidup. Kita memohon untuk diberikan bimbingan, petunjuk, dan arah yang benar untuk setiap langkah kita, sehingga kita akan melewati jalan yang selamat dan terhindar dari jalan yang salah dan sesat dalam rangka menuju kehidupan yang hasanah di dunia dan akhirat.
  6. Wa’aafinii, Ya Rabb berilah hamba kesehatan…. Kesehatan tidak ternilai harga dan nikmatnya. Sakit gigi saja, menderitanya sungguh luar biasa, apalagi sakit-sakit yang lain yang sangat menyiksa dan kadangkala menghabiskan biaya yang luar biasa untuk pengobatannya. Dan Allah pun menyuruh dan memberi kesempatan pada kita untuk meminta sehat itu. Sekali lagi, sehat adalah nikmat yang luar biasa, kita akan merasakan itu adalah nikmat yang luar biasa tatkala kita mendengar atau mengetahui orang di sekeliling kita yang mengalaminya.
  7. Wa’fuannii, Ya Rabb, maafkanlah hambamu ini…. Yang terakhir, kita ingin selalu dalam kasih sayang, perlindungan, petunjuk, karunia rizki dan sehat, maka kita berusaha untuk lebih dekat lagi dengan senantiasa merendahkan diri, mendekat, dan memohon maaf.
Lihat Juga :  Umat Harus Menjadi Subjek dalam Kegiatan Ekonomi, dan Keagamaan

Itulah kata Litfi doa yang begitu dahsyat , yang lengkap dalam kehidupan kita. Dengan doa itu kita berharapkan Allah mengijabahnya dan hidup kita dapat kemenangan dunia akhirat.(*)

 

 

 

Close
Close