KESEHATAN

Awas! Kontrol Makanan Manis dan Lemak Berlebih Saat Lebaran

AsSAJIDIN.COM — Tidak terasa kita akan memasuki hari raya idul fitri. Saat hari raya menjelang, hampir dipastikan sajian beragamĀ  hidangan, dimulai dari opor, sayur papaya pedas, rendang, hingga kue-kue manis yang akan dijejerkan di meja tamu.

Nah, harus tetap waspada dalam menjaga pola makan meski saat hari raya. Karena kalau tidak, bahaya kesehatan akan mendatangi kita.

Makan makanan yang berlemak secara berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit kolesterol, hipertensi, bahkan dapat memicu stroke, jantung, dan gula darah.

Kolesterol dan peningkatan gula darah bisa saja terjadi saat lebaran akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Jika anda tidak bisa mengendalikan asupan gula yang dikonsumsi maka kadar gula dalam darah akan terus naik bahkan bahkan berisiko hiperglikemia. Sama seperti meningkatnya kadar gula dalam darah, kolesterol juga terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat lebaran seperti opor ayam, sayur labu, sambal goreng kentang dan ayam goreng.

Lihat Juga :  Tes Kesehatan Sebelum Menikah, inilah Pandangan Beberapa Ulama

Ada cara mudah untuk meminimalisir dampak buruk dari konsumsi makanan berlemak, yaitu langsung konsumsi sayur atau buah-buahan yang mengandung banyak serat sekitar 2 atau 3 buah. Konsumsi serat setelah makan makanan berlemak dapat membantu mengikat lemak, hal ini agar lemak tidak mudah diserap oleh tubuh, dan dikeluarkan bersama feses.

Meski kita menyadari akan efek buruknya makan berlebihan saat lebaran, bukan perkara mudah untuk menghindarinya. Jadi perlu adanya kontrol diri, terhadap konsumsi makanan berlebihan saat lebaran. (*/Sumber: ummi online)

Close