BERITA TERKINIKELUARGA

Doa yang Dapat Melebur Dosa Kecil dan Besar

Sebagai umat Islam, sudah di anjurkan ketika kita akan melakukan suatu kegiatan haruslah berdoa

ASSAJIDIN.Com – Berserah diri kepada Allah adalah sikap yang sangat mulia. Berbagai bentuk turunan dari  sikap mulia itu termasuklah ibadah doa. Doa akan melebur dosa, karena bentuk perserahan diri yang amat sangat kepada Allah semata.

Duhai Allah, hanya Engkaulah yang dapat memberikan pengampunan dosa-dosaku. Dan hanya Engkaulah yang Allah Maha Pemberi Rezki dan yang dapat memasukkanku ke dalam surga-Mu.”

Itulah bentuk ibadah yang begitu tinggi dan mulia itu. Sebagaimana falsafahnya, bahwa manusia berusaha, tetapi biarlah Allah yang menentukan. Ungkapan makna dari tawakkal, ini adalah untuk kebaikan bagi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dan kelak di akherat, kita semua –sebagai manusia- diperintahkan untuk senantiasa berserah diri atau bertawakal.

Di balik sikap berserah diri manusia wajib berdo’a dan berusaha saat memiliki tujuan atau rencana yang tengah ditargetkan. Dengan berdo’a dan berusaha, setiap manusia akan melewati tantangan, rintangan yang pada akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan.

Allah menegaskan di dalam Alquran, tentang bentuk ikhtiar yang sangat dianjurkan; berdo’a. “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ” (QS. Albaqarah: 186)

Lihat Juga :  Zakat Fitrah, ini Adab, Etika dan Doa Saat Proses Serah-Terima

Ayat itu menegaskan bahwa Allah swt. berada sangat dekat dengan hamba-Nya dan menyaksikan sekaligus mengabulkan setiap permohonan doa dari hambanya yang shaleh.Secara harfiah, doa berarti memohon, doa pun identik dengan kata lain; dakwah. Sehingga doa bisa juga berarti mengajak atau mengundang agar datang.

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah (doalah) kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf: 180)

Doa yang dilakukan dengan baik dan benar maka pemohonnya akan memiliki kekuatan serta daya ubah yang sangat luar biasa. Imam Ahmad di dalam sebuah hadits, “Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah, yang mana doanya tidak diarahkan kepada kemaksiatan atau perbuatan dosa dan memutus tali famili, kecuali Allah akan mengabulkannya.”

Lihat Juga :  Herman Deru Ungkap Doa yang Dipanjatkan Sehingga Kini Pimpin Sumsel

Sebagai umat Islam, sudah di anjurkan ketika kita akan melakukan suatu kegiatan haruslah berdoa

Sebagai umat Islam, sudah di anjurkan ketika kita akan melakukan suatu kegiatan haruslah berdoa, walaupun hanya membaca basmalah. Begitu juga saat hendak ingin tidur, agar pada saat kita tidur terhindar dari gangguan dan godaan setan, dari mara bahaya maupun dari gangguan binatang yang membahayakan kita.

Ustaz Mizan Qudsiyah dalam kajiannya menerangkan, doa sebelum tidur yaitu “Laa llaaha Illallah wahdahu Iaa syariika Iah Iahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Laa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adzhiim. Subhaanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallaahu Allaahu akbar.”

Barangsiapa yang mengucapkan ketika akan tidur yaitu Laa llaaha Illallah wahdahu Iaa syariika Iah Iahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Laa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adzhiim. Subhaanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallaahu Allaahu akbar, maka akan diampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih di Iautan. (HR. lbnu Hibban dalam Shahihnya)(*)

Penulis/Editor: Bangun Lubis

Tags
Close