SYARIAT

Enam Peristiwa Bersejarah Terjadi di Bulan Jumadil Akhir

ASSAJIDIN.COM —  Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Jumadil Akhir.

Dalam kalender hijriyah, bulan jumadal akhir adalah bulan ke 6. Bulan ini memiliki beberapa keutamaan yang tidak di miliki oleh bulan bulan lain semisal bulan Muharram, Ramdhan dan lain sebagainya, namun bukan berarti bukan bulan yang lain tidak memiliki keutamaan, hanya saja keutamaan di bulan Jumadal Akhir ini tidak ada dalam bulan bulan lain.

Peristiwa apakah yang terjadi dibulan Jumadil Akhir .?

1 Jumadil Akhir: Awal turunnya wahyu

3 Jumadil Akhir: Wafat Fatimah Az-Zahra, Putri Nabi saw.

13 Jumadil Akhir: Wafat Fatimah binti Hazm (Ummul Banin)

20 Jumadil Akhir: Wiladah Fatimah Az-Zahra (putri Nabi Muhammad saw.)

21 Jumadil Akhir: Wafat Zainab binti Ali
Bulan jumadil akhir adalah bulan dimana orang orang islam sangat terpukul sebab meninggalnya khalifah pertama dalam islam, yaitu sayyidina abu bakar ash shiddiq . beliau wafat tepat pada tanggal 22 jumadil akhir tahuh 13 H, usia beliau genap 63 tahun.

Lihat Juga :  One Day One Hadist: Peran Anak Soleh/Soleha Bagi Orangtua

Sayyidina abu bakar adalah salah satu sahabat nabi dan juga termasuk orang orang yang beriman di masa awal. Sayyidina abu bakar adalah sahabat yang sangat dermawan, bahkan beliau menginfak kan seluruh hartanya agama islam, namun usia beliau berakhir pada bulan jumadil akhir dan ini yang membuat bulan jumadil akhir memiliki keutamaan yang tidak di miliki bulan lain.

Bulan jumadil akhir adalah bulan dimana khlifah ke 2 sayyidina umar bin khattab di lantik untuk menggantikan khalifah abu bakar. Sebelum sayyidina umar masuk islam,beliau adalah termasuk orang yang sangat menentang kepada agama islam, namun dengan berjalannya waktu Allah SWT memuliakan agama islam dengan masuknya sayyidina umar. Ini juga merupakan keutamaan bulan jumadil akhir.

Lihat Juga :  Doa Selamat di Jalan dan Terlindung dari Marabahaya

Pada bulan jumadil akhir ini terjadilah salah satu perang terbesar dalam islam yaitu perang yarmuk. Perang ini adalah perang antara orang orang islam dengan orang Romawi, dalam perang ini banyak para tentara berjatuhan ada sekitar 3000 lebih pasukan islam mati syahid pada waktu itu, namun dari rum tidak kalah banyak, justru malah lebih banyak korban dari mereka.

Pada perang ini tentara islam di pimpin oleh seorang panglima yang sangat handal yaitu Khalid bin walid beliau tidak pernah kalah dalam semua peperangan yang ia pimpin hingga beliau bergelar ” saifullah”

Demikianlah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bulan Jumadil Akhir . Semoga penjelasan tentang peristiwa-peristiwa ini bermanfaat bagi para pembacanya dan semoga senantisa Allah menunjukan jalan kebenaran kepada kita semua . (*/Sumber: serbadibahas.blogsot)

 

Tags
Close