LIFESTYLE

One Day One Hadist and Ayat: I’malu Bekerjalah Kamu Maka Allah akan Mengampunimu

ASSAJIDIN.COM — Allah SWT memerintahkan kepada kaum muslimin untuk bekerja sebagaimana tertuang dalam surah at-Taubah ayat 105 yang artinya:

“Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. at-Taubah: 105)

Dalam ayat ini terdapat perintah untuk bekerja. ‘I’maluu’ artinya “bekerjalah kamu.” Dalam kaidah dinyatakan bahwa asal perintah itu adalah wajib, kecuali jika ada dalil yang memalingkannya. Karena itu bekerja untuk mencari nafkah menjadi kewajiban bagi seorang muslim. Bahkan Nabi SAW memuji orang yang berkarya sebagaimana dalam sabdanya:

Lihat Juga :  Karomah Diceritakan dalam Alquran, tak Lain Agar Manusia Mendapat Pelajaran

“Barang siapa yang sore hari duduk kelelahan lantaran pekerjaan yang telah dilakukannya, maka ia dapatkan sore hari tersebut dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT.” (HR. at-Thabrani)

Bahkan dalam kesempatan lain, Nabi SAW menegaskan keutamaan bekerja mencari nafkah, yaitu mendapatkan cinta dari Allah Ta’ala, sebagaimana dalam sabda berikut ini yang artinya:

“Sesungguhnya Allah SWT mencintai seorang mu’min yang giat bekerja.” (HR. at-Thabrani)

Jika kita merenungkan sejenak perihal kewajiban sebagai seorang muslim, niscaya kita jumpai dalam agama ini terdapat banyak sekali ibadah yang tidak mungkin dilakukan tanpa adanya biaya dan harta, seperti zakat, infak, sedekah, wakaf, haji dan umrah. Padahal biaya atau harta tidak mungkin diperoleh tanpa proses kerja. Oleh karena itu, bekerja untuk memperoleh harta dalam rangka ibadah kepada Allah menjadi wajib. Wallahualam bishwab. (*/sumber: lampuislam)

Tags
Close