NASIONAL

Tim Dokkes Polda Sumsel dan Jajaran Lakukan Patroli Sambang TPS

 

 

ASSAJIDIN.COM —Tahapan pemilu pemungutan dan penghitungan suara di TPS menjadi salah satu kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran para petugas penyelenggara pemilu, tak terkecuali petugas kepolisian yang berjibaku mengawal dan mengamankan pendistribusian logistik pemilu.

Kelelahan dan jatuh sakit menjadi hal yang harus dihindari oleh setiap petugas, disaat tuntutan tanggungjawab mengharuskan para petugas tetap siaga dengan kondisi kesehatan yang prima.

Mengantisipasi adanya petugas pemilu baik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun petugas pengamanan dari TNI, Polri dan Linmas yang sakit akibat kelelahan dan pekerjaan yang berlangsung lama, kepolisian daerah (Polda) Sumatera Selatan membentuk tim pelayanan kesehatan keliling oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Sumsel dan unit kesehatan Polres jajaran.

Tim tersebut berpatroli keliling dari TPS ke TPS dalam rangka memberikan pelayanan dan bantuan kesehatan bagi petugas penyelenggara pemilu dilokasi.

Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes dr Syamsul Bahar M.Kes mengatakan tim kesehatan disiapkan dalam rangka mendukung kegiatan Operasi Mantab Brata yang digelar kepolisian saat ini.

Lihat Juga :  Penyebar Hoaks dan Penghina Prabowo dan Habib Rizieq Ditangkap, ini Motifnya

“Kami menyadari begitu beratnya tugas yang diemban personel kita dilapangan, petugas penyelenggara di TPS. Jadi kita mensupport agar kesehatan mereka ini tetap prima sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Kegiatan ini sudah kita lakukan sejak Rabu (14/2) kemaren dan berlanjut hari ini tim kita terjunkan,” ujar dr Syamsul Bahar Kamis (15/2/2024)

“Kami memberikan layanan kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan, dan penanganan luka ringan hingga melakukan perawatan bagi personel pengamanan dan juga petugas lainnya yang mengalami sakit, Rabu kemare setidaknya ada 10 petugas yang kita berikan pelayanan kesehatan dilokasi TPS,” lanjutnya.

Tim pelayanan kesehatan tidak hanya oleh tim Polda Sumsel saja, melainkan juga tim kesehatan dari Polres jajaran. Tim tersebut melakukan kegiatan patroli, menyambangi TPS TPS di kota Palembang dan kabupaten/kota sewilayah Polda Sumsel untuk memberikan layanan kesehatan kepada petugas di lapangan.

Lihat Juga :  Lika liku Perjalanan Adelia Istri Tersangka Pengedar Narkoba, Hidup Glamor, Mengaku Dokter dengan Tetangga

Samsyul menerangkan, pihak Biddokkes Polda Sumsel menurunkan 3 tim yang siap melayani wilayah kota dan perbatasan Palembang dan wilayah perbatasan.

“Dari Biddokkes sendiri ada 3 unit ambulan dengan tim lengkap, ini melayani wilayah kota Palembang dan daerah perbatasan, dan tim kesehatan ditiap polres untuk melakukan pelayanan yang sama. Kita sediakan unit ambulans untuk mengantar pasien yang sakit ke rumah sakit terdekat apabila membutuhkan perawatan lanjut,” urainya.

Syamsul menegaskan bahwa upaya yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Polda Sumatera Selatan khususnya Dokkes mendukung pelaksanaan pemilu 2024 dengan memastikan petugas yang terlibat pengamanan dan penyelenggara pemilu, semuanya dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya.

“Semoga dengan pelayanan kesehatan ini dapat mendukung dan menjaga menjaga kondisi fisik personel pengamanan dan para petugas TPS yang tetap terjaga, sehingga dapat menjalankan tugasnya secara optimal. Muaranya pemilu berjalan aman tertib dan lancar,” tutupnya. (YOLA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button