SYARIAT

One Day One Ayat : QS Nuh 10-12, Istighfar untuk Segala Keinginan

ASSAJIDIN.COM — Alquran Al Karim telah memberitahukan kepada umat Muslim bahwasannya ketika seseorang beristighfar, maka Allah SWT pasti akan merahmatinya dengan banyak kebaikan dan membebaskannya dari berbagai masalah.

Diriwayatkan dalam tafsir Qurtubi bahwa pada suatu ketika Hasan al Bisri ra sedang duduk-duduk bersama Ibn Sabih (muridnya). Kemudian seseorang datang dan berkata “Wahai tuan, aku sering sekali berdosa, beritahukanlah padaku sebuah amalan untuk menghapuskan dosa-dosaku.” Hasan menjawab “Perbanyaknya istighfar.”

Kemudian datang seseorang kepadanya dan berkata “Tuan, sudah berhari-hari hujan berhenti. Katakan padaku sebuah amalan agar Allah menurunkan hujan.” Hasan menjawab “Lakukanlah istighfar.”

Orang lainnya datang dan berkata “Aku terlilit hutang meskipun aku bekerja. Tolong doakan agar Allah memberiku harta sehingga aku bisa melunasi utang-utangku.” Lalu Hasan menjawab “Banyaklah beristighfar.”

Orang lain menghampirinya dan berkata “Harapanku adalah agar Allah memberiku anak. Kumohon berdoalah agar Allah memberiku anak-anak yang shalih.” Hasan kembali menjawab “Banyaklah beristighfar.”

Lihat Juga :  One Day One Ayat: Quran Surat Alhaqqah 30-35, Tidak Bersedekah Dijamin Masuk Neraka

Lalu yang lain datang dan berkata “Aku punya sebuah kebun buah. Do’akan aku agar buahnya banyak sehingga keuntunganku dari hasil berdagang buah-buahan lebih banyak.” Dia berucap “Banyaklah beristighfar.”

Seseorang kemudian datang dan berkata “Jika aku mendapatkan sumber air di rumahku, aku akan sangat senang.” Hasan kemudian berujar “Lakukanlah istighfar.”

Muridnya (Ibn Sabih), yang duduk di dekatnya, terheran-heran sambil berpikir “Kenapa guruku memberikan jawaban yang sama, menyuruh beristighfar kepada siapapun yang datang padanya?”

Karena rasa penasarannya, muridnya pun bertanya “Kenapa Anda memberikan jawaban yang sama atas semua permasalahan yang dimiliki orang-orang?”

Lalu Hasan Al Bisri menjawab pertanyaan itu dengan membacakan sebuah ayat yang Allah firmankan dalam kitab-Nya:

“Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan pada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun. Dan Dia akan memerintahkan langit untuk menurunkan hujan yang berlimpah kepadamu. Dan akan menolongmu dengan kekayaan dan anak-anak laki-laki, dan akan memerintahkan taman-taman agar tumbuh untukmu, dan membuat sungai-sungai mengalir untukmu.” (QS. Nuh: 10-12)

Lihat Juga :  Soal Larangan Tiup Makanan Agar Lekas Dingin, ini Pendapat Ulama Berdasarkan Hadist

Dalam ayat yang indah ini ada begitu banyak manfaat dari istighfar. Inilah solusi bagi siapa saja yang tengah berada dalam tekanan. Para wanita bersedih karena anak-anaknya tidak shalih. Para pria tertekan karena tidak punya anak. Orang lain terbebani karena punya banyak utang. Yang lain bermuram durja karena terlalu banyak dosa. Sebagian orang mau lebih banyak berkah dalam bisnis mereka.

Jika kita mulai melakukan istighfar secara konsisten, semua permasalahan kita akan selesai. Dengan istighfar, insya Allah. Kita tidak perlu pergi minta bantuan pada dukun atau memakai jimat. Justru hal itu adalah dosa terbesar karena kita menyekutukan Allah. Solusi atas segala permasalahan kita sudah diberikan oleh Allah melalui ayat Alquran di atas yakni: istighfar! [*/Sumber:LAMPU ISLAM]

Tags
Close