Uncategorized

Pengertian Sujud Sahwi dan Bacaan Doa Sujud Sahwi

AsSAJIDIN.COM — Allah Maha Baik. Dia tahu manusia tempat salah dan lupa. Dalam shalat pun, Allah beri pengampunan dan memberi kesempatan umatnya memperbaiki shalat, ketika dia lupa dalam menghitung rakaat shalat.

Lahirlah istilah Sujud sahwi (bahasa Arab: سجود السهو‎). Sujud sahwi adalah bagian ibadah Islam yang dilakukan di dalam salat. Sujud sahwi merupakan dua sujud yang dilakukan oleh orang yang salat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi di dalam salatnya karena lupa (sahw).

Berikut bacaan sujud sahwi:

Subhana man la yanamu wa la yashu

Artinya: ‘Maha suci Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa’

Bacaan doa sujud sahwi yang lainnya

Subhaanakallahumma robbanaa wa bi hamdika, allahummagh firliy

Lihat Juga :  Shalat Subuh Berjamaah, Inilah 5 Keistimewaannya

Artinya: ‘Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah dosa-dosaku’

Namun, bacaan tersebut tidak ada dalilnya di dalam Alquran maupun Hadis. Bahkan para sahabat Nabi juga tidak pernah mengamalkannya.

Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan, ” Doa ini tidak ditemukan di kitab hadis mana pun.” (Lihat Talkhis Al-Khabir, 2:88)

Jadi, tidak ada bacaan doa sujud sahwi yang khusus untuk dibaca atau dihafalkan. Karena bacaan doa sujud sahwi adalah bacaan sujud ketika sholat,

Subhaana robbiyal a’laa

Artinya: ‘Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi’

Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan, ” Hendaklah dia membaca di dalam sujud sahwi-nya bacaan yang diucapkan di dalam sujud ketika sholat, karena sujud sahwi merupakan sujud yang serupa dengan sujud sholat.” (Al-Mughni, 2:432–433). (*/sumber: dream.co)

Tags
Close