LIFESTYLE

Ciri Orang yang Merdeka dan Paham Arti Kemerdekaan

ASSAJIDIN.COM — Seluruh masyarakat Indonesia bergembira memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Sabtu, 17 Agustus 2019.
Pada dasarnya kemerdekaan ialah kita terbebas dari segala hal yang membuat diri tersiksa baik dhohir maupun batinnya.

Ust Ahmad Mubarok mengatakan  masyarakat kita belum sepenuhnya merdeka karena yang kita alami sekarang ini merdekanya cuma sekedar merdeka. ” Artinya ekonomi kita tetap dijajah, kita belum mendapatkan kemerdekaan seutuhnya. Indonesia belum merdeka dari kemiskinan,” kata Ahmad ketika menanggapi Assajidin.com usai memberikan khutbah Jumat (16/08/2019) di masjid A-rRahman Bekangdam II/Sriwijaya Palembang.

Sebelumnya dalam khutbah Ust Ahmad Mubarok menjelaskan ciri ciri orang merdeka adalah (1) tidak haus dengan keinginan, (2) bebas dari perbudakan hawa nafsu, (3) tidak mudah diperbudak asmara, (4) jujur karena bila memelihara  kebohongan pada dasarnya kita sedang dipejara dengan ketakutan.

Lihat Juga :  Mengejutkan, Ternyata Susu Kental Manis Selama ini Minim Kandungan Susu, BPOM Keluarkan Surat Edaran

Merdeka berarti juga tawadhu, dengan berendah diri tak serta merta membuat diri hina,. Yang keenam dan ketujuh ciri orang yang merdeka adalah selalu ikhlas dan mandiri. “Semakin banyak tergantung pada sesuatu maka kita akan takut kehilangan sesuatu,” katanya.

Ahmad mengajak untuk mengenang jasa para pahlawan dengan sebaik baiknya. “Yang ditinggalkan oleh para pahlawan untuk indonesia ini kita gunakan sebaik baiknya, baik itu hutan laut dan segala isinya kita gunakan sebaik baiknya tidak disalahgunakan.” Jelasnya.

Dia berpesan kepada pemuda pemudi saat ini agar Jadilah anak Indonesia yang seutuhnya jangan sampai terpengaruh dengan hal hal yang dapat merusak generasi penerus bangsa. (*)

Lihat Juga :  Makna Kemerdekaan dalam Pandangan Alquran

Konttibutor : Ali Munandar

Tags

Berita Terkait

Close