SYARIAT

One Day one Hadist : Janganlah Engkau Bermalas-malasan

ASSAJIDIN.COM — Nabi muhammad SAW adalah suri tauladan umat manusia. Dialah nabi terakhir yang menyampaikan  petunjuk hidup dari Allah, berupa Alquran. Nabibtak pernah menyimpang dari ajaran ajaran Alquran. Akhlak nabi adalah Alquran, demikian identik Alquran dan hadist nabi.

Pun dalam urusan bekerja mencari nafkah hidup, rasululah banyak memberi nasihat. Hadis pada zaman Nabi Muhammad saw, bahwa “Dari miqdam r.a. berkata : Nabi Muhammad saw. bersabda: “Tidak satu pun makanan yang dimakan seseorang lebih baik daripada kerja tangannya. Sesungguhnya Nabi Daud makan dari hasil kerja tangannya”. (H.R. Bukhari ).

One day one hadist kali ini coba kita meresapi dan mulai membiasakan  membiasakan bekerja dengan tekun, tidak berpangku tangan dan mengharapkan balas kasihan orang lain.

Lihat Juga :  Berdoa Jelek untuk Orang Lain, Diijabahkah, Apa Hukumnya?

Hadist ini diperkuat dalam hadis riwayat Muslim, yaitu “Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu dan meminta tolonglah pada Allah, serta janganlah engkau malas” (HR. Muslim).

Berdasarkan hadis-hadis tersebut Allah sangat menyukai orang-orang yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya melalui kerja yang halal. Allah tidak menyukai orang yang bermalas malasan. Subhanallah, yuk mulai sekarang kita semangat bekerja jangan terlalu santai alias malas- malasan. Aamin. (*)

Tags

Berita Terkait

Close