SYARIAT

One Day One Ayat : QS Albaqarah 271, Sedekah Menghapus Kesalahan

ASSAJIDIN.COM -Auzubillahiminassyaitoonirrojiiim….

Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang ibadah sedekah:

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allâh akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allâh mengetahui apa yang kamu kerjakan.
[QS. Al-Baqarah/2 : 271]

Firman Allâh Azza wa Jalla :

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Lihat Juga :  One Day One Hadist : Jangan Buru-buru Mencela Orang lain

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. dan barangsiapa yang berbuat demikian Karena mencari keredhaan Allah, Maka kelak kami memberi kepadanya pahala yang besar.
[QS. An-Nisa/4:114].

Dari dua ayat tersebut jelaslah bahwa sedekah adalah perbuatannyang sangat disukai Allah. Sedekah adalah untuk diri sendiri karena akan menjadi alat  menghapusbkesalahan dan dosa dosa kita. Dan yang berseru menganjurkan apalagi praktik langsung mengajak bersedekah, berbuat baik dan membuat perdamaian di antara yabg berselisih maka ganjarannya adalah ridho Allah serta pahala yang besar. Shodakallahul aziim..(*)

Tags

Berita Terkait

Close