SYARIAT

Apa Tanda-tanda Lailatul Qodar? Siapakah yang Beruntung itu?

 

ASSAJIDIN.COM — Siapakah yang akan mendapat lailatul qodar? Tanda-tanda Lailatul Qadar, apakah orang-orang yang sudah dipilih Allah yang bisa mendapatkannya?

Guru besar UIN Raden Fatah Prof Dr Duski Ibrahim menjelaskan, Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa puasa di bulan Ramdhan itu adalah salah satu dari rukun Islam. Di dalamnya banyak.keistimewaan, termasuk lailatul qadar.

Telah dijelaskan dalam al-Qur`an surat al-Qadar, yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur`an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Dari ayat di atas dipahami bahwa pahala ibadah kita pada malam lailatul qadar itu berlipat ganda, yaitu lebih banyak dari beribadah seribu bulan atau lebih dari 29.500 lipat ganda pahalanya.

Lihat Juga :  Sudah Pantaskah Kita Mengaku Umat Rasulullah SAW?

Selain beribadah kita juga sangat dianjurkan untuk banyak berdoa, seperti: Allahumma innaka ‘afwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Pengampun, suka mengampuni kesalahan, maka ampunilah kesalahanku).

Adapun dalam menentukan malam lailatul qadar itu terjadi pebedaan pendapat para ulama. Tetapi mereka hampir sepakat bahwa malam lailatul qadar itu adalah malam ganjil setelah tanggal dua puluh bulan Ramadhan, yaitu malam 21, 23, 25, 27, 29, dan yang lebih masyhur adalah malam tanggal 27 Ramadhan.

Sesungguhnya malam lailatul qadar itu tidak ditentukan secara pasti, hal ini bertujuan supaya kaum muslimin selalu bersungguh-sungguh dalam beribadat setiap malam bulan Ramadhan.

Selanjutnya, setiap orang yang bersungguh-sungguh beribadah pada setiap malam bulan ramadhan, maka akan mendapatkan lailatul qadar tersebut. Ia akan merasakan ketenangan dan kedamaian serta kenyamanan dalam hati dan pikirannya. Wa Allah a’lam bi ash-Shawab.(*)

Tags

Berita Terkait

Close