SYARIAT

Masya Allah dalam Quran Surat Al Anfal :29, ini Ganjaran Bagi Orang Bertakwa

ASSAJIDIN.COM — Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan dimana dosa-dosa kita akan terbakar habis dengan cara kita berpuasa atau menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dan pahala puasa.

Dengan demikian memang benar tujuan berpuasa adalah agar kita bertakwa kepada Allah. Ciri-ciri orang yang bertakwa adalah selalu mohon ampun, sedekah sempat sempit, sabar, pemaaf dan selalu berbuat baik.

Pada bulan Ramadhan kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak mohon ampun, kemudian bersedekah dengan memberi makan fakir miskin, selalu bersabar dalam segala hal, saling memaafkan kesalahan satu sama lain dan selalu berbuat baik kepada sesama manusia supaya kita mencapai predikat takwa.

Dengan mencapai predikat takwahlah semua dosa kita akan diampuni Nya. Sebagaimana Allah jelaskan dalam firman Nya Qs.8:29

Lihat Juga :  1 Ramadhan 1440 H Jatuh pada 6 Mei 2019, Idul Fitri Tanggal 6 Juni

Artinya : “ Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar.”

Jadi jelas bahwa puasa adalah alat untuk membakar dosa agar kita mencapai tujuan puasa yaitu bertakwa kepada Allah. Sehingga kita mendapatkan furqaan, dijauhkan dari kesalahan dan diampuni dosa-dosa juga mendapatkan karunia yang besar dari Allah.

Akan tetapi masih banyak diantara kita yang belum memahami perbedaan puasa dengan ramadhan sehingga kita masih saja berpuasa akan tetapi kita tidak ramadhan.

Pada akhirnya semoga puasa tahun ini menjadikan kita orang yang senantiasa bertakwa kepada Allah, dan dengan puasa itu membakar dosa-dosa kita atau kita meromadhankan diri kita sendiri.(*)

Tags

Berita Terkait

Close