SYARIAT

Lima Langkah Tahapan Membaca Alquran

ASSAJIDIN.COM — Buan Ramadhan bulan istimewa. Salah satunya karena di bulan Ramadhan pertama kali alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Karenanya seain berpuasa, umat islam juga diwajibkan untuk membaca dan memahami alquran.

Tdak bisa dipungkiri bahwa Alquran diturunkan berbahasa Arab karena diturunkan kepada nabi berbangsa Arab, namun sekarang Alquran itu sudah diterjemahkan oleh para ahli bahasa Arab ke dalam bahasa masing-masing.

Bagi kita yang belum mengerti bahasa Arab silahkan baca terjemahanya agar kita faham, bukti kita faham maka kita akan melaksanakannya.

Alquran diturunkan Allah pada bulan Ramadhan sebagaimana firmanNya Artinya :(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu …………….. (Al Qur’an surat (02) Al Baqarah ayat 185).

Pada ayat ini menyatakan bahwa Alquran telah turun pada bulan Ramadan, sekarang Alquranya sudah tertulis dan terbukukan, tinggal manusia itu menggali isinya. Berikut lima tahapan membaca Alquran

1. Membaca

Bagi yang belum mengerti bahasa Arab, Pada bulan Ramadan ini mari kita mulai membaca Alquran dibantu dengan terjemahanya agar kita mengerti apa yang dibaca.

Firman Allah surat ke 29 al-ankabut ayat ke 29 Artinya : Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih utama. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

2. Mempelajari

Alquran bukan hanya sekedar bacaan tapi ia sebagai petunjuk dan rahmat  bagi yang yakin. Agar alquran jadi petunjuk dan rahmat maka kita wajib untuk mempelajarinya.

Lihat Juga :  Mengimani Shirath, Jembatan Di Atas Neraka

Firman Allah surat ke 54 al-qamar ayat 17,22,32,40 Artinya : Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

3. Memahami

Bagi yang belum mengerti dan belum bisa bahasa arab silahkan baca pelajari dan fahami Alquran-nya dibantu dengan terjemahannya sebagai sasaran antara sebelum mengerti bahasa Arab bagi yang masih punya kesempatan untuk belajar bahasa Arab. Yang tidak punya kesempatan lagi untuk belajar bahasa Arab, membaca terjemahan Alquran sebagai sasaran antara sebelum sakaratul maut.

Firman Allah surat 12 yusuf ayat 2 Artinya : Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa AlQuran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.

4. Melaksanakan

Bukti manusia itu faham terhadap suatu ayat maka ia akan melaksanakanya. Firman Allah surat ke 24 annuur ayat 1 Artinya : (Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam) nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya.

Contoh satu ayat dalam alquran surat Albaqarah ayat 183 Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Al Quran surat (02) Al Baqarah ayat 183).

Tujuan puasa adalah agar manusia bertaqwa, bukti manusia itu faham terhadap ayat ini maka dia akan melaksanakan isi taqwa, kalau manusia itu belum bisa melaksanakan isi taqwa berarti puasanya belum sampai kepada tujuan. Sebagaimana hadits nabi : yang artinya : Berapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus saja.

Lihat Juga :  11 Inspirasi Cara Menjemput Hidayah

Syarat minimal ciri orang yang bertaqwa ada lima. Firman Allah Q.S 3 Ali Imran ayat 133-134 Artinya : Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

Kita lihat ciri minimal orang yang puasa sampai kepada tujuan taqwa pada ayat di atas: 1. Segera minta ampun, 2. sedekah di waktu lapang maupun sempit, 3. menahan amarah, 4. memafkan kesalahan orang, 5. selalu berbuat baik.

5. Mensyiarkan

Mensyiarkan ayat-ayat Allah tidak mesti manusia itu berdiri di atas mimbar, tapi syiar yang paling top adalah dengan memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan ayat – ayat Allah Kalau manusia tidak mau menyiarkan ayat-ayat Allah maka ia akan dilaknat Allah dan akan dilaknat oleh makhluk yang bisa melaknati.

Firman allah QS. 2 Albaqarah ayat 159 Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati.

Mari kita membaca Alquran, pelajari, pahami, laksanakan dan syiarkan. Dan jangan lupa siapkanlah Alquran terjemahan. (*/ sumber: artikel Sukardi, fasiitator paham alquran)

Tags

Berita Terkait

Close