Uncategorized

Ini Arti dan Makna Ucapan Fii Amanillah

AsSAJIDIN.COM — Kita sering mendengar ucapan selamat jalan kepada orang yang akan bepergian. Atau Bye… untuk kata yang lebih gaul.

Ada lagi… Titi DJ. Nah, apa itu kok nama artis? Titi dj, singkatan dari hati-hati di jalan.. Haha..ada-ada saja.

Mungkin ada di antara kita pernah mengatakan hal seperti di atas.
ucapan ‘Selamat jalan, hati-hati di jalan, atau semoga selamat sampai tujuan’? Ternyata ada ucapan lain yang bisa kita gunakan untuk mendoakan seseorang dalam perjalanan.

Islam menawarkan pengganti yang lebih baik bagi kita saat mengucapkan ketika akan berpisah yaitu fii amanillah yang artinya (semoga engkau) dalam lindungan Allah.

Hal ini yang menunjukkan rasa peduli kita saat saudara atau anggota keluarga kita akan pergi dengan mengucapkan fii amanillah, artinya kita juga sedang mendoakannya, agar ketika dalam perjalanan ia selalu dilindungi Allah SWT.

Lihat Juga :  Alhamdulillah, Tujuh Hafidz Quran Ki Marogan Dapat Hadiah Berangkat Umroh, Siapa Para Dermawan itu ?

Perlindungan yang Allah berikan pada hamba-Nya berupa perlindungan dari musibah, dari sakit atau hal buruk lainnya.

Islam menunjukkan budaya yang saling mencintai sesama muslim, berdoa bagi keselamatan orang yang kita sayangi, tentu lebih tinggi nilainya dibandingkan hanya mengatakan dadah, selamat jalan, sampai jumpa, dan lainnya.

Perkataan fii amanillah ini, bukan sekedar perkataan ikut-ikutan, yang ingin terlihat arab-araban. Tapi kita melakukannya atas dasar kepahaman, atas dasar keagungan Allah Swt Yang Maha Melindungi hamba-Nya.

Karena makna yang terkandung di dalamnya bukan hanya sekedar ucapan untuk mengakhiri pertemuan, tapi juga mendoakan saudara kita agar diberikan perlindungan oleh Allah.

Islam mengajarkan kita untuk selalu berdoa, ketika akan melakukan sesuatu, mohon pada Allah, kebaikan bagi yang memberi doa, perlindungan bagi saudara yang berpergian, kedamaian, keselamatan, dan berkah untuk saudara muslim yang dijumpai. (*/ummi-online.com)

Lihat Juga :  Begini Tata Cara Mengafani Jenazah dalam Islam

Sumber: Ummionline

Tags
Close