SYARIAT

One Day One Hadist : Empat Ciri Orang bersifat Munafik

ASSAJIDIN.COM — Hidup untuk memberi manfaat dan mencari ridho Allah SWT. Allah sangat tidak.menyukai orang yang berbuat zalim dan merugikan orang lain. Dalam Alquran Allah berfirman :

يَأَيّهَا الّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَخُونُواْ اللّهَ وَالرّسُولَ وَتَخُونُوَاْ أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan juga janganlah kalian mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepada kalian, sedang kalian mengetahui”* (QS. Al Anfal : 27).

Ayat ini sejalan dengan hadist nabi Muhammad SAW sebagai berikut,

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا ، وَمَنْ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ وَإِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ

Lihat Juga :  Bakal Digelar Wisuda Akbar Rumah Tahfidz, 519 Peserta Sudah Mendaftar

*“Ada empat tanda, jika seseorang memiliki empat tanda ini, maka ia disebut munafik. Jika ia memiliki salah satu tandanya, maka dalam dirinya ada tanda kemunafikan sampai ia meninggalkan perilaku tersebut, yaitu: (1) jika diberi amanat, khianat; (2) jika berbicara, dusta; (3) jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi; (4) jika berselisih, dia akan berbuat zalim.”* (HR. Muslim no. 58). Segeralah mengubah diri, bertaubat. Semoga kita selalu dilindungi Allah dari perbuatan perbuatan yang demikian. Amin..wallahualam bisshawabi.  (*)

Tags
Close