SYARIAT

One Day One Ayat and Hadist : Pentingnya Berbuat Baik Untuk Kebaikan Diri Sendiri dan Bekal untuk Hari Akhirat

ASSAJIDIN.COM –Auzubillahiminasyyaithoonirrojiim, bismillahirrohmaanirrohiim.. Allah Maha pencipta, Maha Pemberi Rezeki dan Maha Baik. Dia turunkan Alquran sebagai pedoman untuk seluruh manusia agar mereka menjadi khalifah di muka bumi. Kebaikan kebaikan ini bila dierbuat oleh manusia, adalah kebaikan mereka sendiri, kelak ketika mereka menemui kematian.

Firman Allah : “Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Qs. Jumu’ah 8)

firman Allah Swt, Al Isra ayat 7, yang artinya : Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri… TAFSIR AYAT :

Lihat Juga :  Tahukah Kamu Siapa Pendusta Agama?

Jika kalian baik dalam perbuatan-perbuatan dan uacapan-ucapan kalian, Sesungguhnya kalian berarti telah berbuat baik terhadap diri kalian sendiri. Sebab pahalanya kembali kepada kalian. Bila kalain bertindak buruk, maka hukumannya (juga) berbalik mengenai kalian sendiri.

Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata:

‏غداً توفى النفوس ما كسبت ويحصد الزارعون ما زرعوا، إن أحسنوا أحسنوا لأنفسهم، وإن أساؤوا فبئس ما صنعوا

“Esok hari (kiamat) jiwa-jiwa akan disempurnakan balasan atas perbuatan mereka, orang-orang yang menanam akan memanen apa yang mereka tanam, jika mereka berbuat baik maka mereka telah berbuat baik untuk diri mereka sendiri, namun jika mereka berbuat buruk maka alangkah buruknya apa yang telah mereka perbuatan.”

Lihat Juga :  Jamaah Majelis Sebagian tak Jawab Salam, Berdosakah?

(Lathaiful Ma’arif, jilid 1, hlm 232)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Qs. Al-Hasyr 18).(*/sumber:shahihfiqih). (*)

Tags
Close