ISLAMIC SCHOOLMOZAIK ISLAM

Jadikan Dirimu Berguna Bagi Semua Orang

 Oleh: Emil Rosmali I Pemimpin Umum ASSAJIDIN.Com

Diantara tanda seorang yang baik kehidupan sosialnya, dia berguna bagi orang lain.  Allah berfirman, “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya, dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna.” (QS Al-Mu’minun [23]: 1-3)

Apalagi di era informasi, lalu disusul era media sosial, banyak sekali kita temukan di dalamnya perkataan-perkataan yang tidak berguna, bahkan cenderung berbahaya dan membahayakan diri dan orang lain. Seseorang bisa saja menulis perkataan saling mengejek, menghina, mencaci-maki, mengolok-olok temannya.

Imam An-Nawawi dalam kitabnya, Riyadhush Shalihin, mengatakan, “Ketahuilah bahwa seorang mukalaf/balig (yang telah dibebani hukum syariat) seharusnya dapat menjaga lisannya untuk tidak berbicara, kecuali untuk hal-hal yang benar-benar berguna.”

Rasulullah bersabda, “Di antara tanda kebaikan Islam seseorang adalah mengurangi berbicara dalam hal yang tidak berguna.” (HR Ahmad). Umar bin Abdul Aziz,   mengatakan, “Siapa saja yang menghitung-hitung perkataannya dibanding amalnya, tentu ia akan sedikit bicara kecuali dalam hal yang berguna.”

Seorang Muslim sejati yang baik akan selalu melakukan suatu yang berguna dan menjauhi yang sia-sia dan tak bermanfaat. Seseorang akan selalu memberikan kemanfaatan kepada manusia lainnya, baik melalui lisan maupun perbuatannya.  Sabda Rasulullah, “Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (HR Ath-Thabrani dan Ad-Daruquthni).

Lihat Juga :  Soal Pilih Pemimpin, Ini Saran Ustaz Abdul Somad

Pada hadits lain, diceritakan seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Yaitu, orang yang paling bermanfaat/berguna bagi manusia.” (HR Ath-Thabrani). Lakukanlah sesuatu yang berguna bagi oranglain. Allah mencintaimu.(*)  

 

Berita Terkait

Close