MOZAIK ISLAM

Doa Mohon Ampunan Atas Ucapan yang tak Dijalankan

AsSAJIDIN.COM — Manusia tak pernah luput dari kesalahan dan lupa, dan kedua unsur tersebut merupakan anugerah dari Allah SWT. Andai saja kita tidak dianugerahi lupa, maka seorang ibu yang melahirkan tentunya tak akan mau melahirkan lagi, mengingat rasa sakit yang dialami olehnya.

Kemudian sering kali kita melakukan kesalahan yang bersumber dari kelupaan, andai saja Allah SWT menghitungnya, tak dapat kita bayangkan berapa banyak dosa kita.

Di antara sesuatu yang sering terabaikan dan terlupakan oleh kita adalah ucapan kita sendiri yang berupa perintah kepada orang lain, saran maupun nasihat. Padahal Allah berfirman di dalam Al-Qur`an surat ash-Shaff mengenai orang yang tidak mengamalkan apa yang ia ucapkan.

Lihat Juga :  Doa Agar Anak Paham Belajar Agama

Artinya, Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan,” (Surat As-Shaff ayat 2-3).

Ayat di atas tentunya menjadi teguran bagi kita. Berapa banyak perkataan manis dan baik yang keluar dari mulut kita namun kita dustai dengan tidak melaksanakannya. Maka sebagai manusia, barang kali kita lupa akan ucapan yang telah kita ucapkan sehingga tidak mengamalkannya.

Ada doa yang tercatum dalam Syair Burdah yang dikarang oleh Imam Al-Bushiri:

Astaghfirullah min qouli bi la ‘amali.

Artinya, “Aku mohon ampun kepada Allah dari ucapan tanpa disertai amal.”

Lihat Juga :  Tiga Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

Semoga dengan membaca doa ini, dosa dari kesalahan berupa tidak mengamalkan sesuatu yang kita ucapkan dapat diampuni oleh Allah SWT. Amiin… (*/sumber:nu.or.id)

Tags
Close