SYARIAT

5 Hal ini Makruh Bila Dilakukan Saat Berwudhu

AsSAJIDIN.COM — Ada adab dan rukun (tata cara) saat berwudhu. Syekh ahmad Suja’i menjelaskan dalam kitab Irsyadul Awam Ila Sabilis Salam bahwa yang dinamakan makruh dalam wudhu adalah pekerjaan yang kurang baik tetapi dikerjaan ketika berwudhu. Hal-hal yang makruh dilakukan dalam wudhu adalah sebagai berikut :

1.Berlebihan dalam menggunakan air

Berlebihan dalam segalam hal tentu dilarang. Meskipun ia berwudhu di pinggir laut atau pun di tempat yang banyak air sekalipun.

2.Membasuh atau mengusap lebih atau kurang dari tiga kali.

Dalam berwudhu disunnahkan untuk tiga kali. Sedangkan wajibnya satu kali. Apabila kita mengusap satu kali, maka yang wajib kita dapatkan sedangkanyang sunnahnya tidak kita dapatkan. Jika kita mengusap dua kali atau empat kali bahkan lebih, maka hukumnya makruh karena Nabi Saw mengusap anggota wudhu sebanyak tiga kali.

Lihat Juga :  Tumbal Dan Sesajen , Tradisi Syirik Warisan Jahiliyah

Hal ini berdasarkan pada sebuah hadist,“Bahwasanya Nabi berwudhu tiga kali-tiga kali (dan selanjutnya), bersabda:

“Barangsiapa melebihkannya (lebih dari tiga kali) maka dia telah berbuat yang tidak baik dan dzhalim,”(HR Ibnu Khuzaimah dalah Shahihnya: 174).

 

3. Berwudhu di air yang tidak mengalir bagi orang junub.

Berwudhu di air yang tidak mengalir dikhawatirkan ada najis menciprat tatkala air wudhu jatuh ke bawah karena airnya tersebut tidak mengalir.

4. Berwudhu di dalam jamban atau WC.

Beberapa orang di zaman sekarang ketika setelah mandi kemudian langsung berwudhu di jamban atau WC. Padahal hal tersebut tidaklah beradab dalam melaksanakan ibadah. Jika kita memang terpaksa harus berwudhu di WC, maka jangan sampai mengucapkan Basmalah dilisan dengan mengeraskan suaranya. Tetapi, cukup dihati saja.

Lihat Juga :  Akhlakmu Cerminan Sholatmu

5. Berbicara ketika berwudhu.

Jika tidak ada hal yang penting atau darurat, maka usahakanlah untuk tidak berbicara ketika berwudhu.(*/sumber: arrohim.com)

Tags
Close