SYARIAT

Allah Wajibkan Orangtua Memberi Gizi yang Baik untuk Anak, ini Ayatnya dalam Alquran

AsSAJIDIN.COM — Allah SWT menurunkan Alquran lewat nabi Muhammad Salallahualaihi wassalam untuk menjadi pedoman hidup manusia di dunia. Pun dengan hal-hal yang kecil, Allah telah memberikan petunjukknya dengan cara yang detil.

Salah satunya terkait gizi anak.   Di dalam Islam, Allah telah memberikan tuntunan bagaimana manusia memberikan yang terbaik kepada keturunannya, seperti tercantum dalam Quran Surat Albaqoroh ayat 233, yang artinya:

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf.

Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian.

Lihat Juga :  Doa Yang Paling Sering Dipanjatkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam

Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”.

Subhanallah, ternyata memberikan gizi terbaik untuk anak pun sudah Allah berikan tuntunannya bagi manusia. Maka jika lalai, dampaknya akan menimpa generasi itu sendiri.

Hal ini tidak lain untuk mendapatkan tiga unsur kesempurnaan manusia. “Hati, akal dan jasad. Hati terkait dengan iman, akal terkait dengan intelektual sedangkan jasad akan menghasilkan karya. Maka memberi gizi yang baik hingga dua tahun pertama harus menjadi amalan yang dilakukan sebuah keluarga.(*)

Lihat Juga :  Meraih Berkah di Saat Hujan, In Sya Allah

Penulis: novi amanah

Tags
Close