BERITA TERKINISYARIAT

Inilah Beberapa Doa-doa Para Nabi yang Tercantum dalam Alquran

AsSAJIDIN.COM  —  Hakikatnya doa para nabi dan rasul itu teladan untuk kita umatnya.  Salah satu diantaranya yaitu Doa Nabi Muhammad memohon keselamatan Dunia dan Akhirat.

Doa mohon keselamatan dunia akhirat ini hampir setiap saat dipanjatkan oleh semua muslim ketika berdoa dan/atau shalat.

Ternyata di dalam Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Salallahualaihi wassalam, terdapat kisah nabi-nabi sebelum nabi Muhammad dan doa-doa para nabi dan rasul Alaihissalam termaktub di dalamnya.

Berikut kumpulan beberapa doa-doa beberapa nabi dari 25 nabi utusan Allah SWT, dikutip dari blogkhususdoa.com:

Doa Nabi Adam A.S
رَ‌بَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ‌ لَنَا وَتَرْ‌حَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِ‌ينَ
Artinya :

Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi (QS. Al A’raf : 23).

Doa Nabi Nuh A.S
رَ‌بِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ‌ لِي وَتَرْ‌حَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِ‌ينَ
Artinya :

Lihat Juga :  Dzulhijah, Hari Kemerdekaan dan Quran Surat An - Nashr Ayat 1-3

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakikat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi. (QS. Huud : 47).

Doa Nabi Ibrahim A.S
رَ‌بِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ
وَاجْعَل لِّي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِ‌ينَ
وَاجْعَلْنِي مِن وَرَ‌ثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ
Artinya :

Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shalih. Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan. (QS. Asy Syu’ara : 83-85)

Doa Nabi Sulaiman A.S
رَ‌بِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ‌ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْ‌ضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَ‌حْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ
Artinya :

Lihat Juga :  Dewan Keamanan PBB Akan Lakukan Voting Terkait Status Yerusalem

Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. (QS. An Naml : 19)

Doa Nabi Muhammad SAW
رَ‌بَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَ‌ةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya :

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al Baqarah : 201)

Itulah kumpulan doa para nabi dan rasul yang diabadikan dalam Al-Qur’an.

Doa-doa tersebut diatas dapat kita amalkan (panjatkan) setiap hari, baik setelah sholat fardu maupun sholat sunnah dan/atau setelah mengaji. Wallahualambisshawab.(*/sumber: tribunsumsel.com)

Tags

Berita Terkait

Close