Berita TerkiniSYARIAT

Sempurnakan Kekhusukan Shalat dengan Amaliah Ini

AsSAJIDIN.COM — Niat adalah penentu segala amalan. Niat yang benar akan mengantarkan ibadah diterima oleh Allah SWT.

Niat memegang peranan sangat penting terutama dalam sholat. Selain kemantapan hati, niat juga berperan sebagai pembeda antara sholat antara fardhu dengan sunah.

Ada amalan yang diyakini para ulama dapat menyempurnakan niat. Apa saja amalan tersebut?

Dikutip dari Islami.co, Abu Al Lais As Samarkandi menyebutkan tiga amalan yang dapat menyempurnakan niat sholat. Tiga amalan tersebut disinggung dalam kitabnya Tanbih Al Ghafilin.

Hal pertama yaitu mengetahui jenisnya sholat. Baik wajib seperti Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ maupun sunah seperti qabliyah dan ba’diyyah, serta dikerjakan secara jemaah atau sendiri. Tujuannya, orang yang sholat memahami betul ibadah yang dikerjakan.

Lihat Juga :  Mengapa di Bulan Ramadhan Kita Bisa Menahan Nafsu?

Ke dua, ketika sudah berniat dan mengerjakan takbiratul ihram, seseorang harus menyadari sedang berhadapan dengan Allah SWT. Dia juga sadar sedang berkomunikasi dengan Tuhannya.

Tujuan dari hal ini adalah memunculkan rasa rendah diri di hadapan Rabb. Hal itu berdampak pada bertambahnya kekhusyukan.

Sedangkan ketiga yaitu selain adanya niat, seseorang dianjurkan mengosongkan hati dari segara urusan dunia. Baik itu soal pekerjaan, jabatan, keluarga, dan hal apapun yang bisa mengganggu ketenangan batin selama sholat.

Sehingga, jiwa menjadi tenang dan pikiran hanya fokus pada Allah SWT. Sholatnya menjadi khusyuk, bermakna, dan semakin mendekatkan kepada Sang Khalik. (*/Sumber: Islami.co)

Berita Terkait

Close