HeadlineKeluargaUtama

Adab Minum yang Benar Sesuai Sunnah Rasulullah

 

AsSAJIDIN.COM — Minum merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan setiap orang. Sebab semua makhluk hidup butuh minum karena tubuh memerlukan cairan.

Cairan bermanfaat untuk menyegarkan tenggorokan, menambah oksigen, menghilangkan racun, dan sumber energi bagi tubuh. Namun, saat minum banyak orang tidak memerhatikan adab.

Dalam Islam sendiri sangat ditekankan untuk mengikuti adab minum yang baik dan benar seperti yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam semasa hidupnya. Tujuannya, tentu bukan semata-mata ibadah, melainkan ada unsur kebaikan untuk kesehatan apabila dilakukan.

Saat hendak makan dan minum, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam selalu membaca doa. Apa doa yang dibaca? Beliau selalu membaca basmalah. Ada pun jika lupa membaca Bismillah, maka bacalah “Bismillahi Awwa-lahu wa Akhirahu” yang artnya dengan nama Allah dari mula hingga akhir. (HR. Abu Dawud dan Attirmidzi).

Selain itu ada pula, hal yang dilarang ketika minum. Yaitu tidak meniup dan menghirup. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam juga melarang minum dari bejana (wadah atau teko).

Menurut hadits, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Apabila satu dari kalian minum makan janganlah bernafas di bejana (gelas), dan jika salah seorang dari kalian kencing, janganlah ia memegang dzakar (kemaluannya) dengan tangan kanan, jika membersihkan jangan membersihkan dengan tangan kanan.” (HR. Bukhari : 5630).

Perkara yang sangat penting saat minum adalah minum dengan tangan kanan. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam makan dan minum dengan tangan kanan. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR. Muslim : 2020).

Terakhir adalah menutup minuman. Dari Jabir r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Tutuplah pintumu, sebutlah nama Allah, matikan lampu dan sebutlah nama Allah, kencangkan (tutup) minumanmu dan sebutlah nama Allah, tutuplah bejanamu dan sebutlah nama Allah, meski kamu menutupinya dengan sesuatu (yang bukan tutupnya).” (HR. Bukhari : 3280 dan Muslim : 2012).(*/sumber: okezone.com)

Berita Terkait

Close