HeadlineKeluargaKesehatanLifestyleMozaik IslamSyariatUtama

Shalat Subuh hingga Isya, ini Manfaatnya Ditinjau dari Kesehatan

AsSAJIDIN.Com — Sholat 5 waktu atau sholat fardhu 5 waktu merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Hukum sholat 5 waktu adalah fardhu ‘ain artinya suatu kewajiban umat muslim langsung berkaitan dengan dirinya dan tidak boleh ditinggalkan ataupun dilaksanakan oleh orang lain. Selain itu, keutamaan sholat 5 waktu dapat mengapus dosa dan kesalahan. Terlebih dari itu, sholat 5 waktu juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.
Referensi pihak ketiga

Seperti di lansir dari weebly.com (08/12/2016) Seperti kita ketahui mengerjakan sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim, secara kajian medis gerakan-gerakan pada sholat banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Inilah 5 manfaat sholat 5 waktu untuk kesehatan, simak dulu dibawah ini.

1. Manfaat Sholat Subuh

Sholat subuh dilaksanakan sejak terbitnya fajar hingga munculnya matahari. Bangun di pagi hari tidak hanya akan membawa rejeki kita saja namun juga dapat menerapi system pernapasan serta paru-paru kita karena udara di pagi hari masih segar dan bersih. Sistem kerja tubuh kita adalah tubuh mendapat nutrisi bersih ke paru-paru melalui darah.

Lebih bagus lagi pada perkembangan otak kita menjadi jernih untuk mendukung kreativitas dengan penuh semangat. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa paru-paru akan memproses detoksin atau pembuangan zat racun pada jam 3 sampai 5 pagi. (Dikutip dari weebly.com 08/12/2016)

2. Manfaat Sholat Dzuhur

Manfaat sholat dzuhur yang wajib dilaksanakan pada jam 12.00  hingga 14.00 siang akan membuat jantung dan usus kecil jadi lebih sehat. Keajaiban sholat selain mengangkat kebaikan paru-paru, namun juga jantung dan usus kecil dimana waktu dzuhur juga ialah waktu kita penuh dengan rasa stres sebab aktivitas. Sholat dzuhur juga dapat jadi salah satu bentuk relaksasi sebab air wudhu sanggup menormalkan panas jantung kita. Manfaat jantung yang normal lalu dapat mempengaruhi sistem lainnya. Darah di pompaoleh jantung menjadi sari-sari makanan yang dibutuhkan organ badan dapat disalurkan dengan baik. (Dikutip dari faktakah.com 16/12/2016)

3. Manfaat Sholat Ashar

Sholat ashar yang dilakukan pada jam 3 sampai 5 sore bermanfaat bagi kesehatan kandung kemih kita. Kandung kemih itu sendiri berfungsi untuk mengubah cairan tubuh menjadi air seni yang biasa kita keluarkan dari tubuh kita. Jika proses pengeluaran tersebut bekerja dengan baik tentu di dalam tubuh akan terjadi keseimbangan metabolisme tubuh dan kimiawi dengan baik. Jika tidak berfungsi tentu cairan-cairan kotor yang berbahaya akan menumpuk. (Dikutip dari weebly.com 08/12/2016)

4. Manfaat Sholat Magrib

Manfaat sholat magrib yang wajib dikerjakan sesudah terbenamnya matahari ialah menolong menyehatkan ginjal dan kandung kemih. Ini juga keajaiban di balik perintah sholat 5 waktu. Pada waktu tersebut hawa udara menurun dan lagi-lagi badan butuh penyesuaian. Dengan sholat magrib, kemunduran energi panas ginjal dapat dicegah dan paru-paru akan berfungsi dengan baik. (Dikutip dari faktakah.com 16/12/2016)

5. Manfaat Sholat Isya’

Manfaat sholat isya’ wajib dilaksanakan antara jam 7 sampai 9 malam dapat menjadikan terapi pericardium. Kelebihan energi jantung akan dibuang dan diarahkan ke titik laogong yang ada di telapak tangan oleh pericardium. Pada jam tersebut hawa badan kita lebih tinggi dari hawa udara dan tentu tubuh butuh penyesuaian lagi. Inilah yang disebut sebagai waktu pendinginan dan relaksasi bagi semua otot yang sudah bekerja seharian. (Dikutip dari weebly.com 08/12/2016)

Nah itu tadi 5 manfaat sholat 5 waktu untuk kesehatan. Sholat 5 waktu lebih baik dilakukan tepat waktu dan berjamaah di masjid. Jangan sampai kita meninggalkan sholat 5 waktu. Dengan begitu, kesehatan lebih terjaga dan umur jadi lebih panjang. Semoga bermanfaat, wallahualambishawab.  (*/Sumber: UC)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close