HAJI & UMROH

Diharap Masyarakat Sebagai Oleh-oleh, ini Cara Membedakan Air Zam-zam Asli atau Palsu

AsSAJIDIN.COM –Istimewanya Air Zam-zam, jemaah haji asal Indonesia sering menjadikan air zam-zam oleh-oleh sepulang haji. Bahkan di luar musim haji, Air zam-zam diimpor oleh pedagang asal Indonesia untuk dijual kembali di negeri ini. Hal ini menyebabkan air zam-zam sering dipalsukan.

Air Zamzam memiliki banyak karakteristik yang berbeda dengan air biasa. Jelas, karena air Zamzam adalah keajaiban dari Allah SWT sehingga tidak ada manusia yang bisa menambahkan karakteristik lain ke dalam air ini.

Seperti dilansir dari Arabmedia.com, Selasa (30/5), secara kasat mata, air Zamzam tampak sama dengan jenis air lain, seperti air mineral dalam kemasan. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah air Zamzam itu asli atau palsu. Bagaimana? Berikut ini penjelasannya:

Lihat Juga :  447 Jamaah Kloter 4 Asal Palembang, Lahat dan Empat Lawang Bertolak Ke Tanah Suci

Kemasan air Zamzam asli berisi 10 liter dalam botol dengan tercetak kata “Zam Zam” dan terdapat cap pada tutup dan botol itu sendiri. Botol yang asli memiliki kemasan berlabel biru dan tanggal kemasan di Makkah.

Untuk mengetes apakah air Zamzam asli atau tidak, tuang cairan antiseptik yang mengandung povidone iodine sebanyak tiga tetes pada air dalam gelas kecil, kemudian aduk rata. Air Zamzam yang asli akan tetap jernih, sementara yang palsu berubah menjadi kuning pekat.

Air Zamzam yang asli terasa lebih anta dan tawar dibanding air mineral biasa. Bagi orang yang sudah pernah atau terbiasa minum air Zamzam, tentu lebih peka dan mengetahui perbedaan tersebut.

Lihat Juga :  Alhamdulillah, KJRI Sebut Mulai 16 September Arab Saudi Buka Penerbangan Internasional, Umroh akan Segera Dimulai?

Jika disimpan dalam jangka waktu lebih dari setahun, air Zamzam yang asli tidak akan berlumut atau berlendir. Sementara yang palsu, lumut atau lendir akan muncul dalam waktu tiga bulan atau lebih pendek dari itu. (*/sumber: okezone)

Tags
Close